Baru di pasar saham?

Yuk, kenali istilah slank yang sering digunakan di pasar saham.

Istilah Slank yang sering digunakan di dalam pasar saham:

1. Haka

2. Haki

3. Serok

4. RI

5. CL

6. Cuan

7. TP

8. FT

9. FL

10. Bolpen

11. Pom pom

12. Cuci piring

13. Fomo

14. HTF

15. ARA

16. ARB

17. UMA

18. Stock split

19. Beli di pucuk

1. Haka Saham apa artinya ?

Istilah Haka dalam saham adalah merupakan singkatan dari Hajar Kanan - yang berarti langsung membeli tinggi saham dengan harga market pada saat itu tanpa antri - yaitu langsung beli di harga saham kepada penjual yang mengantri jual pada kolom harga sebelah kanan.

2. Singkatan Istilah Haki dalam saham

Singkatan istilah Haki di saham yaitu Hajar Kiri - maksudnya adalah langsung menjual obral (menjual dengan harga langsung) pada harga market saat itu tanpa antri - yaitu langsung jual kepada pembeli yang mengantri beli pada harga saham di kolom sebelah kiri.

3. Serok Saham

serok = beli saat turun tajam

Arti kata serok di saham adalah membeli pada saat harga saham turun terjal di market.

4. Singkatan Istilah RI dalam saham

Singkatan RI dalam saham adalah Right Issue - yang berarti perusahaan menerbitkan saham baru.

5. Singkatan CL dalam saham

Istilah CL dalam saham merupakan singkatan dari Cut Loss -  yang mengacu pada menjual rugi saham pada harga market yang lebih rendah dibandingkan pada saat beli.

6. Arti cuan di saham

Istilah cuan berarti untung dalam saham - yang berarti harga saham yang terjadi sekarang atau pada saat dijual lebih tinggi daripada harga saham pada saat dibeli.

7. Singkatan TP dalam saham

Istilah slank TP dalam saham merupakan singkatan dari Take Profit - yang berarti merealisasikan keuntungan dengan menjual saham pada harga market sekarang yang lebih tinggi dibandingkan pada saat beli.

8. Istilah FT dalam saham

Definisi Fast Trade dalam saham adalah singkatan dari Fast Trade - yang mengacu kepada beli pagi jual siang, atau trading dalam time frame pendek, misalnya: dalam 1 minggu.

9. Arti FL di saham

Pengertian FL dalam saham adalah singkatan dari Floating Loss - yaitu kerugian yang dialami pada saat beli saham di harga yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan posisi portofolio saham yang dipegang sekarang berupa kerugian yang mengambang (belum terealisasi jika belum dijual).

10. Bolpen saham apa artinya ?

Arti kata bolpen dalam saham adalah bandar - yang mengacu kepada orang atau lembaga / institusi / perusahaan yang memegang saham dalam jumlah sangat banyak, sehingga memiliki kekuatan yang sangat besar untuk mengendalikan pembentukan harga di pasar saham.

11. Arti Istilah Pom pom dalam saham

Pom pom = harga saham digoreng / dinaikkan

Pengertian istilah pom pom adalah kegiatan yang dilakukan pelaku pasar untuk menaikkan / menggoreng harga saham.

12. Arti kata cuci piring di saham

Cuci piring = rugi = kebagian pahitnya harga saham jatuh

Arti cuci piring dalam saham adalah menderita kerugian akibat akibat dari menjjual / sedang memegang saham dengan posisi floating loss akibat membeli saham di harga yang terlalu tinggi.

13. Arti fomo dalam saham

Fomo = Fear Of Missing Out = takut ketinggalan

Definisi fomo dalam saham adalah merupakan singkatan dari fear of missing out - artinya psikologi trader yang takut ketinggalan, misalnya: takut ketinggalan jika tidak ikutan profit sehingga cenderung ikut beli saham ketika harga saham naik.

14. Singkatan HTF dalam saham

HTF = High Frequency Trading

HTF mengarah kepada singkatan High Frequency Trading - yang berarti transaksi saham dalam jumlah besar dengan kecepatan tinggi - sehingga harga akan bergerak cepat ke atas atau ke bawah dengan fluktuasi harga yang besar.

15. Arti ARA dalam saham

ARA merupakan singkatan dari Auto Reject Atas - yang berarti saham dalam pergerakan harian pada hari itu menuju / mencapai / berada / pernah berada dalam posisi harga tertinggi yang diperbolehkan dalam perdagangan saham pada hari itu - yaitu pada posisi:

+ 20% untuk harga saham > Rp 5000 per lembar

+ 25% untuk harga saham > Rp 200 s/d < Rp 5000 per lembar

+ 35% untuk harga saham < Rp 200 per lembar

dibandingkan dengan harga penutupan saham pada hari sebelumnya.

16. Singkatan ARB dalam saham

ARB dalam saham merupakan singkatan dari Auto Reject Bawah - artinya saham dalam pergerakan harian pada hari itu menuju / mencapai / berada / pernah berada dalam posisi harga terendah yang diperbolehkan dalam perdagangan saham pada hari itu - yaitu pada posisi -7% dari harga penutupan saham pada hari sebelumnya.

17. Arti UMA dalam saham

UMA = Unusual Market Activity

UMA merupakan singkatan dari Unusual Market Activity.

Istilah UMA mengarah kepada kenaikan atau penurunan harga saham yang terlalu besar dalam periode waktu yang sangat singkat.

18. Arti stock split dalam saham

Stock split = pemecahan harga saham menjadi lebih kecil

Stock split mengacu pada kegiatan perusahaan memecah harga sahamnya menjadi lebih kecil, sehingga harga saham setelah stock split memiliki harga yang lebih kecil sehingga saham menjadi lebih liquid dan lebih aktif diperjual-belikan karena harganya lebih terjangkau secara nominal. Untuk trader yang memegang saham sebelum stock split, maka jumlah sahamnya akan menjadi bertambah banyak.

19. Arti beli di pucuk dalam saham

Beli di pucuk = beli di harga puncak

Arti kata pucuk dalam saham adalah mengacu pada harga puncak atau harga tertinggi - yang artinya membeli saham dalam posisi pas saham berada di harga tertingginya.

Reach out

Find us at the office

Exel- Frazzitta street no. 61, 44925 Kingston, Norfolk Island

Give us a ring

Jovanny Boeding
+23 274 947 142
Mon - Fri, 10:00-21:00

Tell us about you